Monday, June 24, 2013

Wawancara Singkat Bersama ELVEN GAMES


Pada kesempatan kali ini, saya mendapat kesempatan untuk posting sebuah wawancara tentang topik yang saya bahas. Karena saya membahas game, jadi saya ingin mewawancarai sebuah studio game karena saya ingin tahu bagaimana proses sebuah game itu dibuat dari awal sampai akhir. Saya putuskan untuk memilih Elven Games sebagai narasumber karena merupakan salah satu developer lokal Surabaya yang saya tahu dan dekat keberadaannya.

Elven Games Logo

Saya berkesempatan untuk mewawancarai salah satu Co-founder dari Elven yaitu Mas Radik Kriolampah, yang juga menjabat sebagai MD. Seperti apa wawancaranya? Mari kita simak.

(Q) Elventales Games adalah sebuah nama yang cukup unik, apakah ada arti khusus dari nama Elventales?

Sekarang udah ganti sih namanya, jadi Elven Games biar lebih gampang nyebutnya :) Tapi kalo Elven sendiri artinya bisa secara literally yang berarti dongeng tentang bangsa Elf, bukan Elf mobil lho ya. Jadi intinya kita pengen bikin sesuatu yang luar biasa dan nantinya bakal jadi cerita.

(Q) Bagaimana awal mula terbentuknya Elven? Apakah ada kisah yang melatar belakangi berdirinya? Siapa saja foundernya? Dan hingga saat ini ada berapa jumlah team member keseluruhan?

Dulu dari temen se-lab, di Teknik Informatika ada namanya Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak. Di situ isinya hardcoder-hardcoder, tahun 2010 kita bertiga Mahdi, Afif, dan saya (Radik) ketemu di situ trus coba bikin proposal bisnis soalnya lagi ada event Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) ITS. And kita lolos, soalnya udah dari semester 5 (tahun 2009) bikin game, jadi portofolionya banyak. Perjalanan kita berlanjut sampai sekarang anggotanya udah 12 :)

(Q) Hingga saat ini sudah memiliki berapa judul game? Dan saat ini sedang berfokus pada proyek game apa?

Alhamdullilah sampai hari ini Elven sudah merilis lebih dari 20 judul game, diantaranya Genius Defender, Chase Burger, Durian Revenge, Wonderland Cosa Nostra, Kamikaze Cat, dll ^_^. Proyek Elven yang sekarang? Rahasia dong :P yang jelas Elven sedang mendevelop beberapa proyek besar, tunggu aja nanti Elven pasti umumin :)

Beberapa Game garapan Elven

(Q) Dari game Elven yang sudah ada, tampak beberapa yang bertema lokal dan ada pula yang bertema game edukasi, apakah Elven memiliki konsep tertentu dalam setiap gamenya?

Terus terang masih proses, soalnya konsep game yang kita putuskan nanti terkait banget sama branding Elven. Elven mau dikenal sebagai apa itu belum kita tentukan. Jadi sejauh ini yang mana yang laku atau yang paling cepet bikinnya ya itu yang dirilis :)

(Q) Selain berfokus pada media game dengan berbagai platform serta OS, apakah Elven juga akan merambah ke media lain juga, misalnya visual novel, dll?

Elven sudah masuk ke media lain juga lo. Salah satunya adalah komik interaktif yang berjudul "Adventure of Wanara" yang sudah dirilis untuk iOS dan android, selain itu, elven juga sudah membuat software khusus untuk keperluan korporat tertentu lo ^_^ dan mungkin ke depannya elven juga akan ada ekspansi ke bidang yang lain. Tapi, fokus utama elven tetap pada game, karena passion tim Elven sendiri adalah menciptakan game yang berkualitas, at least kita nggak kalah sama game-game luar :D

Garuda Riders, komik digital interaktif dari serial The Adventures of Wanara

(Q) Ada berapa divisi dalam Elven? Dan apa saja tugas dari masing-masing divisi?

Secara umum Elvengames dibagi menjadi 4 divisi, yaitu Divisi Programmer, Divisi Artist, Divisi Animator, dan Divisi Composer.

Divisi Programmer: bertugas untuk membuat codingan game, memastikan game tersebut dibuat sesuai dengan desain yang sudah ditetapkan oleh perusahaan atau klien. Platform yang sekarang bisa Elven masuki adalah iOS, Mobile Phone, Flash, Android, dll.

Divisi Artist: Bertugas untuk membuat aset-aset gambar dari game, mulai dari Character, UI, Background, dll. Elven sendiri masih berkutat dengan 2D dengan jenis style yang bermacam-macam, mulai dari kartun, painting, pixel art, realis, dll.

Divisi Animator: bertugas untuk membuat gerakan character dalam game, umumnya adalah gerakan idle, walk, attack, die. Namun jumlah dan jenis gerakan disesuaikan dengan kebutuhan dalam game. Animator juga penghubung antara Artist dengan Programmer.

Divisi Composer: bertugas membuat suara SFX (suara ayunan pedang, pistol, dll) dalam game dan juga BGM (Background Music), dan semua dalam bentuk digital.

Dan semua Divisi bertanggung jawab memastikan game-game yang Elven produksi memiliki kualitas yang tinggi.

(Q) Bisakah dijelaskan secara singkat dan sederhana bagaimana langkah-langkah proses dalam membuat sebuah game?

Sebelum Elven membuat sebuah game, tim akan berdiskusi mengenai game apa yang akan dibuat, gameplaynya seperti apa, target marketnya kemana, dll. Kemudian hasil diskusi yang sudah disetujui bersama akan dirangkum dalam sebuah dokumen yang disebut GDD (Game Design Document) yang akan jadi penuntun untuk developing game tersebut kedepannya.

Kemudian tim akan masuk ke fase produksi, programmer mulai mengcoding game dan biasanya pada tahap awal develop banyak menggunakan 'dummy' untuk mengetes game. Divisi Artist mulai mengerjakan Art, Composer mulai mengkonsep BGM dan SFX game. Nantinya, Divisi Artist harus selesai lebih dulu daripada Animator,karena kecepatan kerja animator juga tergantung pada kecepatan artist menyetor gambar untuk dianimasikan. Divisi Artist, Animator, dan juga Composer harus menyelesaikan pekerjaan mereka lebih awal daripada divisi programmer.

Semuanya terjadwal dengan baik karena setiap divisi memiliki deadline yang sudah ditentukan oleh Elven. Setelah Game bisa dijalankan, akan dilakukan Test game. Mencari bug, memperbaiki bagian-bagian yang kurang, sambil melakukan balancing game, bagian ini adalah polishing. Setelah semua selesai, game tersebut siap dirilis dan dipasarkan :D

(Q) Menurut Mas Radik pribadi, apa aspek terpenting dalam sebuah game? Apakah gameplay, story, grafis, atau lainnya?

Menurut saya pribadi, gameplay, grafis, music, dan lain-lainnya itu adalah sebuah kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dan tidak ada satu bagian yang dianakemaskan. Dalam membuat sebuah game, yang terpenting adalah aspek 'fun', intinya saya pribadi bisa menikmati game yang saya buat.

Menurt saya, kalau saya saja tidak bisa menikmati game yang saya ciptakan, bagaimana saya dapat mengajak orang lain untuk menikmatinya juga? Saya ingin game yang saya ciptakan bisa dimainkan dan dinikmati oleh orang lain juga, bukan hanya tim Elven hehe.

(Q) Apa tantangan terbesar yang pernah dirasakan dalam membuat sebuah game?

Tantangan yang dihadapi adalah bila ada sebuah proyek jangka panjang, yang namanya penyakit jenuh seringkali menghinggap pada banyak kru Elven, dan juga kadang-kadang ada 'bug' yang tidak diketahui sebabnya, atau para artist, animator, dan composer mengalami stuck saat membuat aset, Selain itu proyek kolaborasi dengan klien juga banyak masalah seringkali ada keterlambatan pengiriman aset-aset ke pihak Elven yang akhirnya membuat jadwal Elven bergeser mundur semua. Namun semua berhasil Elven lalui :D

(Q) Apa saja suka duka yang sudah dialami sejak Elven terbentuk?

Sukanya si jelas waktu dana turun, wkwkwk. Waktu dapet dana dari PMW ITS, juara II MGDW II, n waktu kita deal proyek The Adventures of Wanara, dan kalo saya sendiri paling seneng waktu karaokean atau main bareng :) And dukanya waktu ada member yang resign, kalo dulu tahun 2011 sempet nggak gajian dua bulan si nggak terlalu sedih. Tapi waktu ada anggota yang resign, rasanya kaya orang cacat, masih bisa ngerasain bagian tubuh yang udah nggak ada.

(Q) Apa pencapaian terbesar yang telah diraih oleh Elven, serta apa visi misi ke depan yang ingin dicapai?

Menurut saya sih, pencapaian terbesar kita adalah pindah kantor pertengahan tahun 2012. Dari situ kita bener-bener mutusin untuk mandiri. Bayar kontrakan, listrik, n beli perabotan sendiri. Di satu sisi lebih bebas tapi di sisi lain tanggungan dan resiko jadi semakin besar. Soal visi dan misi sih, hit game pastinya dan kita sekarang lagi bikin blueprint ke arah situ. Tapi secara CSR kita juga pingin bantu temen-temen yang "kesasar" soalnya banyak temen-temen artist yang punya bakat tapi kejebak di kerjaan yang ngebosenin dan kurang menantang.

(Q) Apa harapan Elven terhadap dunia game dan developer di masa mendatang terkhususnya di Indonesia?

Elven berharap dunia game dan developer di Indonesia dapat berkembang pesat hingga bisa menyaingi game-game asing, bahkan kalau perlu Indonesia boleh menjadi salah satu negara pembuat game terbesar di dunia :D. Dan Elven berharap generasi-generasi muda boleh ikut ambil bagian dalam pergerakan besar game yang sedang terjadi di Indonesia sekarang ini.


No comments:

Post a Comment