Judul: Journey
Genre: Adventure
Rilis: 2012, 13 Maret (PSN), 28 Agustus (retail)
Platform: PlayStation 3
Publisher: Sony Computer Entertainment
Developer: Thatgamecompany
|
Journey adalah sebuah game indie terbaru dari game developer
asal Amerika yaitu Thatgamecompany yang dirilis pertama kali pada Maret 2012
kemarin. Memasuki dunia Journey, kita akan terbangun di sebuah padang pasir dan
menjalankan sebuah sosok berjubah kemudian berpetualang melintasi berbagai
tempat menjelajahi reruntuhan, kuil, gua, dan tebing dalam perjalanannya menuju
sebuah puncak gunung di kejauhan yang menjadi tujuan akhir dari game ini.
Menuju puncak gunung |
Menjelajah kuil dan reruntuhan |
Kita bisa berpetualang sendirian saja namun di tengah
perjalanan kita juga dapat berjumpa dengan pemain lain yang juga sedang
menjelajah dunia Journey sama seperti kita. Misi utama kita adalah menuju
puncak gunung, namun selain itu kita juga memiliki misi untuk membebaskan dan
mengumpulkan lembaran kain untuk memperpanjang ekor jubah kita. Semakin panjang
ekor jubah, maka semakin tinggi kita bisa melompat dan terbang untuk menjelajah
tempat-tempat tinggi.
Berpetualang bersama teman seperjalanan |
Menjelajah lautan pasir dengan nuansa bawah laut |
Yang unik dari game ini adalah online gameplaynya
yang berbeda, jika biasanya fitur online memerlukan sebuah nama identitas atau
ID, dalam Journey kita tidak memerlukan ID maupun fitur chat yang biasanya kita
gunakan di online game lainnya. Sebagai gantinya, kita bisa berkomunikasi hanya
dengan “nada” tanpa kata-kata, dimana “pola” nada ini juga menjadi penanda ID
kita secara individu.
Tanpa kata-kata, hanya berkomunikasi lewat "nada" |
Pattern ID yang baru dipaparkan setelah game selesai dimainkan |
Menurut Jenova Chen sang penggagas, konsep anonim ini dirasa bisa membuat game ini lebih universal dalam berkomunikasi tanpa terbatas perbedaan bahasa dari para player, juga membuat konsep emosi yang diusung lebih terasa, karena player akan lebih berfokus pada emosi, interaksi dan eksplorasi daripada berkompetisi.
Bercerita melalui gambar |
Karena tidak ada dialog maupun narasi, game ini
bercerita melalui visual dan musiknya. Grafisnya yang sederhana namun mampu
membawa suasana menurut saya menjadi kekuatan game ini. Karena meskipun tanpa
narasi maupun dialog, kita bisa mengerti apa yang sedang terjadi dan apa yang
harus kita lakukan. Dan semua keunggulan itu mampu membuat game ini menyabet beberapa penghargaan sekaligus,
diantaranya Game of The Year, Innovation, Audio, Visual Arts, Game Design pada
Game Developers Choice Awards 2013, serta Best Independent Game dan Best Original
Score pada 10th Video Game Award 2012 kemarin.
Salah satu footage yang membuat saya terpukau saat melewati lorong senja |
Dengan grafis
dan musik yang memukau, serta online gameplay yang unik, Journey menyuguhkan pengalaman
bermain game yang berbeda. Sebuah petualangan tanpa kata-kata untuk mencoba
memahami arti sebuah perjalanan hidup dan interaksinya dengan yang lain. Rasakan
setiap aspeknya dan temukan sebuah petualangan yang menakjubkan.
“Just go there, be yourself, and walks to the journey yourself, the messages gets to the best when you are experiencing. And I hope that you can find something meaningful for you in the game.” Jenova Chen, co-founder.
Penasaran seperti apa gamenya?
Silakan intip footage & review dari berbagai media di video ini
(sumber gambar: thatgamecompany.com) |
No comments:
Post a Comment