Monday, June 10, 2013

JOURNEY Soundtrack: Peran Warna Dalam Musik


Journey: Official Game Soundtrack
Artist: Austin Wintory
Label: Sony
Format: Audio CD (1 disc)
Rilis: 9 Oktober 2012
Dalam sebuah game, musik juga memegang peranan penting. Selain membangun suasana lewat visual, environment dan background, musik yang mengiringi latar belakang pun juga turut membangun atmosfir yang ada. Bagaimana sebuah musik yang tegang membuat suasana serius menjadi lebih terasa nyata, dan bagaimana musik yang lembut membuat suasana tenang menjadi lebih nyaman.

Penampilan Macedonian Radio Symphonic Orchestra membawakan musik dalam Journey
Setelah kemarin membahas gamenya, kali ini saya ingin membahas soundtrack dari Journey, kenapa saya sampai membahas ini? Karena untuk pertama kalinya dalam sejarah game, baru kali ini sebuah soundtrack game mampu menyabet nominasi dalam ajang Grammy Award. Yap, sekali lagi saya tekankan, pertama kalinya. Seperti apa sih memangnya kok bisa sampai jadi nominasi Grammy?

Beberapa skema warna environment dalam Journey
Seperti yang sudah saya bahas sebelumnya, karena dalam game Journey ini tidak ada narasi, dialog maupun teks, semua kisah dan cerita disampaikan melalui visual dan musiknya. Dalam setiap environmentnya, game ini memiliki skema warna yang berbeda. Seperti halnya di padang pasir yang hangat dengan nuansa warna coklat keemasan, di kedalaman dengan nuansa seperti dasar laut yang gelap dan mencekam, di pegunungan bersalju dengan nuansa dingin dan beku, hingga di atas awan yang cerah. Setiap skema warna dalam visual yang ada mempengaruhi nuansa musik yang mengiringinya.


Austin Wintory sang komposer berkata bahwa ada banyak warna dalam setiap environment. Jenis skema warna yang berbeda secara visual menjadi bagian penting dalam membuat musik yang sesuai, dengan tujuan agar musik dan visual menjadi senada. Dalam game ini kita akan menjumpai berbagai macam warna langit yang berbeda-beda, dengan background music yang berbeda-beda pula. Namun jika diperhatikan, kita tidak akan menjumpai langit berwarna biru sebelum mencapai bagian akhir, musik pada bagian ini membuat momen tersebut lebih kuat dan lebih memorable.

Skema warna coklat keemasan yang hangat di padang pasir
Skema warna biru gelap yang tenang di kedalaman
Skema warna yang dingin di tebing bersalju
Skema warna yang cerah dan bersemangat di langit biru
“Featuring live orchestra and captivating soloist performances, the Journey ‘s soundtrack paints a moving, introspective backdrop to the game and stands on its own as a work of singular beauty.” – Editorial Review of Amazon.
Musik dalam album ini menurut saya sangat membuat tentram, terlebih track terakhir yaitu “I Was Born For This” yang disertai dengan lirik, yang sekaligus menjadi lagu ending ketika credit title berlangsung.

Yang penasaran dengan musik & visualnya, silakan intip music videonya di sini
Lihat video ending credit gamenya di sini


(sumber gambar: amazon.com
& screenshot video behind the scene "Art of Journey")

No comments:

Post a Comment